Entri

Friday 18 July 2014

10 Langkah Jitu Redakan Stress

Stress memang sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari, tetapi bukan berarti kita bisa menyepelekannya. Stress tidak hanya memberi dampak negatif bagi aktivitas kita sehari-hari tetapi juga pada kesehatan kita.


Bahkan stress diyakini sebagai penyebab berbagai macam penyakit hingga kematian mendadak. Nah, oleh karena itu, mulailah kurangi stress dan segarkan pikiran Anda dengan langkah tepat!

1. Kurangi Natrium
Terlalu banyak mengkonsumsi natrium, entah itu berupa garam maupun makanan olahan lainnya, bisa memicu rasa kembung muncul akibat yang menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak air dan juga memicu risiko tekanan darah tinggi. Kurangi asupan natrium dengan memilih makanan segar dan hindari makanan olahan maupun kalengan.

2. Mulailah Berolahraga
Ketika marah atau stress, banyak orang melampiaskannya dengan makan. Ini dikenal dengan emotional eating. Ada juga yang melampiaskannya dengan merokok, atau meneguk secangkir kopi. Saat Anda mulai merasa stres, siapkan diri untuk melakukan olahraga ringan seperti berlari atau jogging. Olahraga selama 10 menit mampu memberikan Anda dorongan mental.

3. Hindari Emotional Eating
Menangani stress dengan emotional eating dapat berisiko pada kesehatan Anda. konsumsilah buah-buahan dan sayuran. Hindari karbohidrat olahan atau makanan manis karena dapat meningkatkan kadar gula darah Anda dan bisa membuat Anda gemuk.

4. Tidur Cukup
Kurang tidur akan membuat mood mudah berubah dan membuat kantung mata terlihat hitam sehingga penampilan Anda kurang maksimal. Tidurlah selama 7-8 jam pada malam hari untuk mengisi ulang energi dan menurunkan level stress. Kurangi konsumsi kafein menjelang tidur.

5. Lakukan Hal Baru
Rutinitas baru akan mempertemukan Anda dengan kondisi yang baru. Potong rambut Anda agar merasa lebih fresh. Cobalah mengambil rute baru menuju tempat bekerja atau makan makanan baru untuk sarapan agar Anda tetap fresh setiap hari.

6. Jalan-jalan
Jika Anda tidak sempat ke gym, cobalah berjalan keliling lingkungan rumah Anda dan menyapa orang-orang di sekitar untuk membantu mendapatkan kembali energi Anda.

7. Konsumsi Serat
Serat dapat membantu Anda merasa cepat kenyang sehingga asupan makan Anda lebih sedikit yang membantu menurunkan berat badan. Serat juga membuat kesehatan jantung Anda terjaga lebih baik.

8. Fokus Pada Masa Kini
Menyadari di mana posisi Anda berada saat ini dan menganalisa apa yang terjadi akan membantu Anda memahami situasi dan menurunkan tingkat stress. Lepaskan pikiran tentang masa lalu atau masa depan, dan fokus pada yang terjadi saat ini.

9. Hubungi Dokter
Kita semua pasti pernah berusaha mengabaikan sakit kepala, rasa nyeri, atau kondisi kesehatan lainnya yang mengganggu. Jika Anda membiarkan masalah kesehatan ini tanpa pengobatan, bersiaplah terkena penyakit kronis. Periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda sedini mungkin.

10. Isi Pikiran Anda
Isi pikiran melalui cara yang baru agar otak Anda merasa lebih fresh misalnya dengan mendengarkan rekaman motivasi, mengisi teka-teki silang, atau bergabung dengan komunitas hobi Anda. Hobi baru akan membuat Anda tetap aktif secara mental dan fisik.
Lakukanlah 10 hal ini untuk mengatasi kelelahan dan stress agar hidup Anda menjadi lebih fresh. 

Source : Dunia Fitnes
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Nanda Memo
Anda sedang membaca artikel tentang 10 Langkah Jitu Redakan Stress, anda juga boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya Artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini:
http://variousmemo.blogspot.com/2014/07/10-langkah-jitu-redakan-stress.html
sebagai sumbernya.

0 comments:

Post a Comment

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. ^_^